Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita


Kades Golo Leleng Akui Aktivitas Tambang Milik ANK Group Sempat Dihentikan Karena Tidak Kantongi Izin

March 28, 2024 Last Updated 2024-03-28T02:22:06Z

Foto : Monaldus Mansuhandi, Kepala Desa Golo Lelang, Kec. Sano Nggoang, Kab. Mabar.

Corong Demokrasi,- Kepala Desa Golo Leleng, Kecamatan Sano Nggoang, Manggarai Barat, Monaldus Mansuhandi, mengakui aktivitas tambang galian C milik ANK Group (PT Karya Adhi Jaya) Sempat dihentikan oleh satuan Polisi Pamong Praja Manggarai Barat lantaran tidak mengantongi izin.

" Iya sempat dihentikan oleh Pol-PP sekitar bulan Agustus tahun 2023 karna tidak memiliki ijin, itu menurut informasi yang saya dapat," ungkap Monaldus Mansuhandi kepada medua Rabu, (27/3/2024) di Kantor Desa Golo Leleng.

Sementara itu terkait perijinan, Kades Golo Leleng menegaskan itu bukan kapasitas pemerintah desa untuk melakukan pengecekan terhadap dokumen perizinan PT. Karya Adhi Jaya.

"Itu bukan kewenangan kami, Pemerintah desa Golo Leleng hanya memberikan rekomendasi kepada PT. KAJ atas dasar kesepakatan antara Pemerintah desa, BPD, pihak PT. KAJ dan masyarakat Desa Golo Leleng,"tambahnya.

Kepala Desa Golo Leleng juga mempersilahkan Dinas terkait untuk melakukan pengecekan terhadap dokumen perizinan PT. KAJ.

"Silahkan Dinas terkait untuk mengecek apakah perusahan tersebut (PT. KAJ) sudah mengantongi izin usaha pertambangan atau belum, karena itu bukan urusan kami," sambungnya.

Tidak hanya itu, Kades Monaldus, sesali Sat Pol PP Mabar datang ke lokasi tambang tanpa ada kordinasi dengan pemerintahan desa.

"Saya tidak mengetahui jika Sat Pol PP datang kesini untuk menertibkan tambang yang tidak mengantongi izin, tidak ada koordinasi sama sekali. Seharusnya kami diiformasikan sebagai bentuk satu kesatuan pemerintah. Dan mengapa hanya PT. KAJ saja yang disorot, sementara masih banyak perusahan - perusahan lain juga yang belum melengkapi izin tapi sudah beraktivitas, ada banyak disini perusahan yang sudah satu tahun lebih beraktivitas tanpa izin," terangnya

*(fal)


×
Berita Terbaru Update